Cara Fitnes Yang Benar Biar Otot Cepat Besar

Tips Membentuk Otot Yang Benar

Selama proses pembentukan otot, ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil. Ada beberapa orang yang rutin fitness di gym, namun massa otot sama sekali tak bertambah. Kasus semacam itu kerap kali dijumpai lantaran teknik latihan yang salah atau pola makan yang tidak sehat. Lantas, bagaimana tips dan cara fitnes yang benar untuk tubuh? Langkah apa sajakah yang harus diterapkan sebagai cara gym yang baik dan benar dalam membentuk otot agar hasilnya lebih cepat terlihat dan maksimal?

Saat ingin mendapatkan tubuh yang berotot dan atletis, kita harus benar-benar berkomitmen. Pastikan latihan-latihan yang dilakukan sudah tepat. Jika bisa, mintalah saran pada instruktur gym atau bertanyalah pada teman-teman yang telah melakukan olahraga dan berhasil mendapatkan bentuk tubuh idaman.

Mengkonsumsi makanan sehat selama melakukan fines pembentukan otot juga hal yang wajib. Kita bisa pergi ke dokter untuk berkonsultasi mengenai makanan-makanan dan minuman apa yang baik untuk perkembangan otot tubuh. Selain itu, kita juga bisa mengikuti tips membentuk otot yang baik dan benar yang akan kita bahas disini.
Cara gym yang benar

Cara Fitnes Yang Benar

Bagi seseorang yang baru memulai program latihan pembentukan otot, setelah melakukan latihan biasanya badan akan sakit semua. Itu artinya otot telah bereaksi akibat latihan yang Kita lakukan. Saat Kita merasa salah satu bagian tubuh sakit atau pegal, hindari memaksakan diri melakukan latihan lagi. Berikan kesempatan bagi otot untuk memperbesar massanya serta memperkuat jaringannya dulu.

Jika Kita masih memaksa mengajak otot yang pegal berolahraga seberat sebelumnya, otot justru sulit terbentuk dengan bagus. Jadi, dengarkan tubuh kita sendiri. Beristirahatlah dari latihan ketika tubuh masih pegal-pegal. Terkadang, rasa pegal itu akan hilang dalam dua hari. Setelah pegal-pegal hilang, baru lakukan latihan lagi. Tubuh tak akan sepegal sebelumnya jika Kita memberikan kesempatan otot memulihkan diri.

Ketika otot sudah pulih dan kembali melakukan latihan, pastikan Kita menikmati olahraga yang Kita lakukan. Fokuskan pada pembentukan dan pembesaran otot sehingga Kita tak merasa tertekan atau stress selama melakukan latihan. Dengan begitu, proses memperbesar massa otot akan berjalan dengan lancar.

Agar otot-otot di tubuh bisa menonjol secara menyeluruh, alangkah baiknya bagi Kita untuk tidak memfokuskan latihan hanya pada satu bagian tubuh saja. Hindari melakukan latihan single joint yang hanya melibatkan satu sendi dan otot tertentu karena dapat membuat perbesaran otot tidak merata. Selama latihan, lakukan latihan multi joint yang melibatkan banyak sendi dan otot di banyak bagian tubuh. Latihan-latihan gym seperti chin up, deadlift, bench press, dan squat bisa menjadi latihan yang baik untuk pembentukan otot secara merata.

Cara fitnes yang benar
ada beberapa tips yang harus diketahui & dijalankan sebagai cara fitnes gym yang benar dalam membesarkan otot supaya cepat berhasil

Otot pada tubuh tidak begitu saja dengan mudah terbentuk, terutama bagi kita yang baru memulai latihan-latihan untuk memperbesar massa ototnya. Selain fokus latihan, pastikan Kita menyelaraskan pikiran dengan kemauan. Seperti yang sering dikatakan banyak orang, sugesti dapat mempengaruhi hasil yang diinginkan. Percayalah, latihan-latihan kita memang dapat membuat otot makin besar dan menghasilkan tubuh atletis. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak sering mengeluhkan latihan-latihan yang kita jalani. Kepercayaan itu nantinya akan memotivasi kita untuk terus berlatih secara rutin tanpa tertunda rasa malas.

Proses pembentukan otot yang baik juga bisa dilakukan dari segi pola makan. Singkirkan pikiran “percuma berolaraga kalau tetap makan tiga kali sehari!”. Pemikiran itu salah kaprah. Tubuh yang diajak berolahraga justru membutuhkan asupan kalori yang cukup. Jangan sampai sengaja berlapar-lapar untuk menurunkan berat badan. Kita justru gampang terserang penyakit jika kurang makan namun tetap memaksakan latihan pada tubuh. Yang benar, Kita harus melakukan diet yang sehat. Maksudnya, pola makan harus diatur dan harus mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Selalu makan dalam porsi cukup, tidak perlu berlebihan. Makanlah makanan bernutrisi sebagai bahan bakar otot untuk melakukan olahraga. Jangan lupa mengkonsumsi makanan dan minuman berprotein tinggi agar otot mudah terbentuk. Sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak juga tak kalah penting.

Jika Kita merasa pegal-pegal atau nyeri otot setelah melakukan latihan, sebaiknya kita segera mengkonsumsi makanan berprotein. Protein yang terkandung dalam makanan dan minuman akan membantu proses pemulihan otot. Selain itu, protein juga membantu peningkatan daya tahan serta daya pulih tubuh sehingga asupan protein sangat baik bagi tubuh yang sedang dibentuk ototnya. Tubuh yang kekurangan protein akan kesulitan membentuk otot dan bahkan menyebabkan otot menyusut. Biasanya, lemak akan tertimbun ketika otot menyusut lantaran sistem metabolisme tubuh menurun. Itulah sebabnya lemak biasanya menutupi bagian-bagian tubuh yang ototnya bisa ditonjolkan.

Tips gym fitness terakhir dalam pembentukan otot yang benar dan cepat adalah memberi kesempatan tubuh untuk beristirahat cukup dan teratur setiap harinya. Otot terbentuk ketika tubuh sedang tidur, maka sangat penting untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam per harinya. Hindari begadang karena ketika tidur terlalu malam, lemak dapat tertimbun di dalam tubuh. Untuk istirahat secara umum, berikan jeda waktu dari satu latihan ke latihan selanjutnya. Apalagi bagi pemula yang baru memulai latihan. Jangan langsung memforsir tubuh melakukan latihan berat setiap hari. Lakukan latihan dua hingga tiga kali dulu per minggunya.

Demikian cara fitnes yang benar supaya otot cepat besar. Dengan tips diatas, kita sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dalam membentuk otot yang baik dan benar. Semoga bermanfaat, tetap lanjutkan latihan kita.