Cara Melatih dan Membentuk Otot Bahu

cara membentuk otot bahu

Sebagai bagian tubuh yang tidak memiliki banyak tumpukan lemak, bahu lebih mudah dibentuk daripada otot-otot pada bagian tubuh lainnya. Cara membentuk otot bahu ada banyak macamnya, dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, bagi Anda yang belum pernah melakukan olahraga pembentukan otot sekalipun, program melatih otot pundak tidak akan seberat pembentukan otot pada bagian tubuh yang lain.

Latihan-latihan membesarkan otot bahu sangat bervariasi sebab pundak bersifat fleksibel dan mampu bergerak lebih leluasa daripada otot lainnya. Dengan membesarkan otot bahu, kita akan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih atletis lantaran bahu yang besar dan lebar akan membuat perut dan pinggang terlihat lebih kecil. Lantas training seperti apa saja yang akan mempengaruhi terbentuknya otot di pundak? Simak tips latihan otot bahu di bawah ini.

Cara membentuk otot bahu
otot bahu / otot pundak

Latihan Otot Bahu

Sebelum membahas latihan-latihan yang lebih berat, cara melatih otot bahu tanpa alat yang paling simpel adalah melalui arm circle. Latihan ini bisa dilakukan di rumah kapan saja. Cukup berdiri pada posisi tegak dengan kedua tangan merentang. Kemudian putar kedua tangan ke depan atau kebelakang berkali-kali. Lakukan latihan ini selama satu menit penuh. Tujuan dari latihan ini adalah untuk mendapatkan fleksibilitas bahu serta membuat bahu dan lengan makin kuat.

Latihan otot bahu
Latihan otot bahu tanpa alat di rumah

Pundak adalah bagian tubuh yang langsung berhubungan dengan lengan. Ketika kita ingin membentuk otot bahu, beberapa latihan yang harus dilakukan juga akan memberikan keuntungan berupa terbentuknya otot lengan juga. Push up, selain dijadikan sebagai latihan untuk membentuk otot lengan, juga sangat cocok sebagai pembentuk otot bahu. Ketika melakukan push up, berat beban tubuh harus ditahan oleh kedua bahu. Oleh karena itu, otot bahu pun akan terbentuk seiring dengan seringnya melakukan push up.
Membentuk otot bahu

Gerakan sederhana lain yang bisa dilakukan sebagai cara melebarkan bahu di rumah adalah shoulder tap. Latihan ini akan membentuk otot bahu dengan baik. Posisikan tubuh seperti akan melakukan push up, pastikan lengan tegak lurus. Gunakan satu tangan untuk menepuk bahu tangan lain. Lakukan secara bergantian, dari tepukan ke bahu kanan dan kiri, atau sebaliknya. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, otot bahu akan terbentuk dengan cepat.
Cara melebarkan bahu

Latihan lain yang akan memperkuat otot bahu adalah plank. Gerakan statis ini akan membantu pembentukan otot mulai dari bahu hingga paha. Cara melakukannya diawali dengan posisi seperti akan melakukan push up. Namun, tubuh ditopang di kedua lengan, bukan telapak tangan. Gunakan ujung-ujung jari kaki sebagai penjejak. Tahan tubuh dalam posisi tegak lurus dengan wajah menghadap lantai. Posisi menahan berat tubuh menggunakan otot bahu ini akan membuat otot makin kencang dan stabil.
Cara memperbesar otot bahu

Latihan plank bisa divariasikan dengan latihan plank jump in. Latihan ini dimulai dengan posisi berjongkok sementara kedua telapak tangan menyentuh lantai. Setelah itu, dengan menggunakan tangan sebagai tumpuan, lemparkan kedua kaki Kita ke belakang. Lalu, tarik kembali kedua kaki pada posisi berjongkok. Kedua telapak tangan tetap menyentuh lantai selama melakukan latihan ini. Meskipun kelihatannya mudah, latihan ini akan menguras tenaga karena latihan ini juga berguna untuk membakar lemak tubuh. Tak hanya otot bahu saja yang terbentuk, namun otot lengan, kaki dan juga perut.
Cara melatih otot bahu

Untuk meningkatkan fleksibilitas otot bahu, latihan yang bisa dilakukan adalah jumping jack. Gerakan ini termasuk dalam gerakan aerobic sederhana. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan melompat sambil menepukkan tangan diatas kepala. Dengan melakukan gerakan ini berulang kali, otot pundak akan bekerja dengan baik sehingga bahu makin fleksibel.
Cara membentuk otot pundak

Latihan–latihan diatas adalah cara membentuk otot bahu tanpa menggunakan alat fitness atau perlengkapan olahraga dan bisa dilakukan di rumah. Jangan khawatir, masih ada banyak latihan untuk membantu terbentuknya otot bahu, terutama latihan yang melibatkan alat fitness dan bisa dilakukan di rumah maupun di gym.

Latihan yang pertama adalah latihan menggunakan barbell. Siapkan dua buah barbell, untuk digenggam di tangan kiri dan kanan. Ambil posisi duduk dengan punggung tegak lurus serta tangan menggenggam barbell yang juga tegak lurus ke bawah. Kemudian angkat kedua tangan hingga posisi seperti merentangkan kedua tangan, lalu turunkan. Lakukan latihan mengangkat barbell ini berulang kali untuk mendapatkan hasil maksimal di otot bahu.
Otot bahu

Selain cara diatas, latihan juga bisa dilakukan dengan variasi lain. Posisi awal latihan dengan berdiri sambil menggenggam barbell di kedua tangan. Angkat satu tangan lurus ke depan, sedangkan tangan yang lain tetap di tempat. Lalu, gerakkan tangan secara bergiliran. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, otot sayap akan lebih cepat terbentuk.

Melakukan angkat beban juga bisa membantu bahu mendapatkan otot yang bagus dan kuat. Apalagi, latihan angkat beban juga akan membentuk otot sayap. Angkatlah beban hingga setinggi perut dengan kedua tangan, lalu turunkan hingga tangan lurus. Lakukan beberapa kali dan selalu tingkatkan jumlah gerakan saat bahu makin kuat.

Latihan angkat beban juga bisa ditingkatkan dengan mengangkatnya lebih tinggi. Jika otot bahu sudah terbentuk, bahu Kita akan makin kuat. Angkatlah beban hingga setinggi dada agar otot bahu dan otot sayap bekerja dengan maksimal.

Demikian tips latihan-latihan yang bisa dilakukan sebagai cara membentuk otot bahu untuk mendapatkan pundak sempurna yang lebar, tebal, kencang, dan juga kuat. Selamat berlatih!