Cara Membentuk Otot Lengan

By | March 4, 2017

10 Latihan Untuk Mendapatkan Lengan Berotot

Cara Melatih Otot Lengan

Lengan yang berotot selalu membuat seorang pria tampak lebih macho. Oleh karena itu, punya otot lengan yang atletis selalu menjadi idaman para laki-laki. Ada dua otot utama pada lengan atas yang sering dilatih agar lengan lebih berisi dan padat, yakni otot biceps dan otot triceps. Selain itu di bagian lengan lainnya ada juga yang namanya forearm.

Kedua otot ini sering menjadi perhatian khusus bagi mereka yang berniat memiliki lengan tangan yang gagah. Sedangkan otot lengan bawah akan otomatis ikut membesar seiring dengan latihan otot tangan bagian atas tersebut. Otot lengan yang besar bisa menjadi nilai tambah bagi siapa saja, tubuh akan terlihat lebih kuat dan segar.
Cara melatih otot lengan

Bagi yang belum memiliki lengan ideal, jangan patah semangat dulu. Cara melatih otot lengan melalui training fisik tidaklah sulit untuk dilakukan. Bahkan, ada yang bisa dilakukan di rumah sendiri dan dilakukan kapanpun kita memiliki waktu luang. Apa saja latihan-latihan yang bisa membentuk otot lengan dengan cepat? Untuk membuat lengan makin berotot, kita sebaiknya memulai latihan fisik dari tingkat yang paling mudah.

Cara Membesarkan Otot Lengan

Latihan pertama untuk memperbesar otot lengan adalah melakukan gerakan menimba. Kita mungkin sudah familiar dengan cara menimba air. Posisikan tubuh berdiri tegak dan tangan terkepal lurus ke atas. Turunkan tangan satu per satu secara bergantian seperti ketika menimba air atau seperti menarik tali di tiang bendera. Latihan ini dapat mengencangkan otot lengan jika dilakukan secara rutin. Gerakan menimba bisa Kita lakukan sebanyak 50 kali sehari.

Latihan otot lengan kedua adalah arm circle. Cara membentuk otot lengan tanpa alat ini bisa dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan tools fitness. Pertama, berdirilah dalam posisi tegak sambil merentangkan kedua tangan. Saat sudah siap, putar kedua tangan seperti menulis huruf O. Latihan ini dapat dilakukan selama 20 kali gerakan dalam empat set. Tambahkan porsi latihan menjadi satu menit saat kita sudah terbiasa.
Cara membesarkan otot lengan

Teknik latihan cara memperbesar otot lengan selanjutnya adalah push up. Seperti yang sudah diketahui, push up sangat efisien bagi orang-orang yang ingin membentuk otot di lengan. Cara melakukannya adalah dengan mengawalinya dalam posisi tengkurap di lantai, tangan menjejak ke lantai selebar bahu dan kaki bertumpu pada jari-jari kaki. Angkat bahu dan lengan ke atas, kemudian dorong ke bawah. Lakukan push up sebanyak 20 kali dalam empat set.
Cara memperbesar otot lengan

Cara membentuk otot lengan berikutnya adalah dengan memanfaatkan benda di rumah sebagai alat latihan untuk menguatkan lengan. Sebelum memulai latihan ini, siapkan ember berisi 10 liter air. Angkat menggunakan kedua tangan sambil berjalan dari satu titik ke titik lain dalam jarak beberapa meter. Lakukan latihan ini selama 20 menit. Latihan ini efektif membuat kedua lengan kita makin kuat dan otot-otot pun akan segera terbentuk.

Variasi dari latihan push up yang juga bisa membentuk otot lengan kita adalah dumbbell push up dimana gerakannya sama persis dengan push up biasa. Hanya saja tangan menggenggam dumbbell dan dumbbell dijadikan tumpuan tangan.
Membentuk otot lengan

Masih dengan bantuan dumbbell, training cara membesarkan lengan yang juga bisa dilakukan adalah dumbbell regenerade row. Latihan diawali dengan posisi tubuh yang sama seperti saat push up menggunakan dumbbell. Bedanya, ketika mengangkat badan ke atas, salah satu tangan juga diangkat sehingga tubuh hanya bertumpu pada satu tangan yang memegang dumbbell. Lalu kembalilah ke posisi awal dan angkat tubuh bersamaan dengan mengangkat tangan yang tadi menopang tubuh. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri. Latihan ini dilakukan sebanyak 10 kali.
Cara membesarkan lengan

Latihan cara membuat otot lengan selanjutnya adalah latihan yang akan membentuk trisep lengan, yaitu latihan tricep overhead dumbbell extension. Cara melakukan latihan ini adalah dengan posisi duduk atau berdiri. Genggam kedua dumbbell di kedua tangan dengan tangan tegak lurus ke atas. Lalu turunkan dumbbell ke belakang kepala hingga siku tertekuk. Kembalilah ke posisi semula dan ulangi gerakan ini sampai 10 kali.
Cara membuat otot lengan

Selain latihan diatas, tricep kick back juga bisa menjadi latihan fisik yang akan membantu kita sebagai metode lain cara memperbesar lengan. Gunakan bangku atau manfaatkan alat olahraga di gym sebagai penumpu satu kaki. Tekuklah salah satu lutut dan tumpukan pada bangku tersebut. Gunakan tangan yang sama dengan kaki yang ditekuk sebagai penumpu tubuh, tekuk tubuh ke depan dan letakkan tangan diatas bangku. Genggamlah dumbbell di tangan yang bebas, gerakkan tangan tersebut ke depan dan belakang sebanyak 20 kali dalam 4 set.
Cara memperbesar lengan

Setelah melakukan latihan-latihan di atas, lengan Kita akan makin kuat dengan terbentuknya otot-otot lengan. Cobalah untuk melakukan latihan yang lebih berat yakni pull up. Alat yang dibutuhkan untuk latihan ini adalah palang. Posisikan tubuh menggantung pada palang terlebih dahulu. Kedua tangan yang menggenggam palang harus tegak lurus ke atas. Tarik tubuh ke atas hingga palang sejajar dengan dada. Turunkan kembali tubuh dan ulangi gerakan mengangkat tubuh yang sama.
Cara cepat membentuk otot lengan

Latihan terakhir adalah melakukan angkat beban. Angkatlah beban dengan kedua tangan hingga setinggi dada. Tahan sementara sebelum menurunkan tangan kembali ke posisi awal. Setelah itu ulangi gerakan ini untuk membuat lengan makin kuat. Angkat beban bisa membantu proses pembentukan otot bisep dan trisep.

Nah, itulah beragam latihan otot lengan yang bisa kita gunakan sebagai cara membentuk otot lengan tangan kita. Lakukan dengan rutin dan teratur agar hasilnya cepat terlihat.