Cara Membentuk Otot Perut Mudah Cepat Efektif

By | February 16, 2017

Cara Melatih Otot Perut

Otot perut atau yang dikenal juga dengan nama otot ABS bisa diperoleh melalui pola makan serta latihan. Olahraga yang sudah sangat dikenal sebagai cara membentuk otot perut adalah sit up. Selain mudah dilakukan dan bisa dilakukan di rumah kapan saja, sit up memang bisa membuat otot perut makin kuat dan perut dapat terlihat flat. Tetapi, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan ketika kita ingin membentuk otot perut dengan cepat. Apa saja? Simak ulasan tips latihan otot perut berikut ini!

Sebelum membicarakan latihan-latihan untuk membentuk otot perut, pertama akan ada tips makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan otot perut six packs atau bahkan eight packs. Sebagai faktor penting penunjang kesehatan, makanan tak boleh terlewatlan dari perhatian kita. Makanan yang disarankan adalah makanan yang dapat memangkas lemak dalam tubuh. Makanan-makanan seperti tahu, jeruk nipis, putih telur dan brokoli bisa menjadi pilihan ketika melakukan pembentukan otot perut. Sebagai pendamping, kita bisa mengkonsumsi minuman kayu manis, teh, atau kopi. Mengkonsumsi makanan serta minuman diatas secara teratur dapat memangkas lemak yang menutupi bagian perut dan bisa membantu memperoleh perut yang diinginkan.
Cara melatih otot perut

Hal kedua yang patut jadi perhatian adalah istirahat. Meskipun kita mengkonsumsi makanan serta minuman pemangkas lemak tubuh dan juga melakukan olahraga, jika tidak diimbangi dengan sitirahat cukup, tubuh justru rentan terhadap penyakit. Dalam sehari, usahakan untuk mendapatkan tidur cukup, 6 hingga 7 jam. Selama tidur di malam hari, tubuh dapat melawan hormone kortisol. Hormone ini menghambat pertumbuhan otot. Oleh karena itu, dengan tidur cukup di malam hari, otot tubuh akan bertumbuh dengan baik.

Latihan Membentuk Otot Perut

Cara mendapatkan otot perut yang atletis berikutnya adalah dengan berolahraga. Lakukan latihan-latihan ini selama 15 hingga 20 menit tanpa jeda istirahat. Latihan pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah melakukan pulse up. Latihan ini dilakukan dalam posisi berbaring telentang. Kedua tangan lurus di samping tubuh. Angkatlah kedua kaki dari lantai lalu tekuk lutut ke atas membentuk sudu siku-siku. Kembalikan ke posisi semula dan ulangi gerakan pulse up hingga sepuluh kali.
Latihan Membentuk Otot Perut

Vertical leg crunch juga bisa menjadi tahapan awal latihan membentuk otot perut di rumah dengan mudah. Sama dengan posisi awal pulse up, yang berbeda adalah posisi tangan pada latihan ini berada di belakang kepala. Lalu angkat kaki dan luruskan di udara. Silangkan kaki pada bagian lutut dan tekuk sedikit ke arah tubuh Anda. Kemudian angkat badan ke arah lutut.
Cara membentuk otot perut di rumah

Cara melatih dan membesarkan otot perut selanjutnya adalah dengan melakukan latihan Mountain Climber. Caranya, posisikan tubuh seperti awal gerakan push up dengan jarak kedua telapak tangan di lantai agak lebar. Luruskan kaki kiri sementara kaki kanan ditekuk ke depan seperti melakukan panjat tebing. Tukar kedua posisi kaki bergantian. Latihan ini bisa Anda lakukan selama tiga puluh detik.
Cara latihan membentuk otot perut tanpa alat fitness gym

Tips latihan berikutnya adalah plank. Sama seperti mountain climber, posisikan tubuh seperti awal gerakan push up. Namun, pada latihan plank, tumpukan tubuh pada siku hingga telapak tangan dimana bagian lengan kita menempel pada lantai. Luruskan kedua kaki ke belakang dan kontraksikan otot perut. Tahan hingga tiga puluh detik.
Tips membentuk otot perut

Bagi yang familiar dengan gerakan sit up dan sudah terbiasa melakukannya, praktekkan tips membentuk otot perut tanpa alat berikut ini. Kita bisa melakukan variasi gerakan sit up yang dinamakan jackknife sit up. Caranya dengan berbaring telentang dengan kedua tangan diangkat ke atas kepala. Kemudian dorong kaki dan tubuh keatas bersamaan. Sentuhlah kaki dengan kedua tangan. Kita bisa melakukan gerakan ini selama sepuluh hingga dua belas kali.
Cara cepat melatih dan membentuk otot perut dengan mudah

Selain itu, latihan jackknife ini juga bisa dilakukan pada satu sisi tubuh. Berbaringlah dengan posisi miring ke kiri. Tumpukan tubuh pada lengan kiri, sedangkan tangan kanan memegang kepala. Kemudian angkat kaki kanan ke atas sepuluh kali. Setelah itu ganti posisi ke bagian kanan.
Melatih otot perut bagian atas bawah samping

Latihan selanjutnya adalah reverse crunch. Posisi awal sama dengan sit up, yakni berbaring telentang dengan tangan lurus, hanya saja telapak tangan ditempelkan di lantai. Tekuklah lutut ke atas sambil mengangkat tubuh ke atas juga. Dorong lutut hingga menyentuh dada dan tahan hingga lima detik. Lakukan latihan ini selama 12 kali.
Membesarkan dan memperbesar otot perut

Anda juga bisa memanfaatkan chin up bar jika Anda memilikinya di rumah, atau di gym Anda. Melakukan hanging leg raise selama lima belas kali dapat membentuk otot perut bagian bawah. Caranya dengan memosisikan badan menggantung pada chin up bar. Pastikan kedua tangan sudah menggantung dengan kuat. Lalu, dorong kaki ke atas hingga tubuh membentuk huruf L. Setelah itu, ketika menurunkan kaki, lakukan secara perlahan dengan menggunakan otot bagian perut.
Cara membentuk otot perut bagian bawah atas samping

Alat olahraga lain yang bisa membantu kita dalam membentuk otot ABS adalah barbell side bend. Tidak seperti kebanyakan latihan yang dilakukan dalam posisi berbaring, latihan ini justru dilakukan dalam posisi berdiri. Caranya, genggam barbell dengan kedua tangan dan tempatkan di belakang kepala. Barbell side band ini berbentuk panjang. Posisikan telapak tangan menghadap keluar. Tekuklah tubuh miring ke kanan dengan perlahan kemudian tahan selama lima detik. Setelah itu, kembali ke posisi awal dan tekuk tubuh ke posisi kiri. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri, selama lima belas kali.
Cara membentuk otot ABS

Bicycle crunch juga bisa menjadi pilihan ketika melakukan olahraga membentuk otot perut di rumah. Posisi awal tubuh adalah berbaring telentang dengan kedua tangan berada di bawah kepala. Angkat kedua kaki sedikit ke atas. Tekuk kaki kiri dan kanan secara bergantian seperti saat kita mengayuh sepeda. Jangan lupa untuk mengangkat kepala dan bagian atas tubuh sedikit diatas lantai. Latihan ini bisa kita lakukan selama tiga puluh detik.
Cara melatih kekuatan otot perut

Saat sudah terbiasa melakukan latihan bicycle diatas, lanjutkan dengan melakukan sedikit variasi. Sementara kaki kita mengayuh, arahkan siku tangan yang berlawanan dengan kaki yang diangkat, yaitu siku kanan ke lutut kiri dan siku kiri ke lutut kanan. Latihan ini dapat dilakukan selama tiga puluh detik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pola makan yang sehat, waktu istirahat yang cukup, serta latihan-latihan diatas akan membantu kita mendapatkan otot perut yang kuat dan juga perut yang terlihat atletis dan indah berotot. Lakukan secara rutin dengan teratur, selamat berlatih!