Cara Membentuk Otot Punggung Bersayap Lebar & Tebal

By | February 12, 2017

Para pria mungkin menganggap bagian depan tubuh harus terlihat proporsional. Padahal, bagian belakang tubuh juga bisa menjadi patokan apakah tubuh seorang pria tampak atletis. Otot punggung yang berbentuk sayap atau V akan membuat keseluruhan tubuh seorang pria jauh lebih macho. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan sehubungan dengan cara membentuk otot punggung agar menjadi lebar dan tebal.

Gerakan-gerakan olahraga yang dapat membantu pembentukan otot punggung ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Beberapa diantaranya bahkan tanpa menggunakan alat apapun. Gerakan pertama yang paling mudah dilakukan adalah melakukan pull up. Latihan ini memang yang paling umum dilakukan sebagai cara melatih otot punggung. Fokus gerakan ini berada pada otot punggung, oleh sebab itu, cobalah melakukan latihan ini agar otot sayap bisa terbentuk.

Latihan Membentuk Otot Punggung / Sayap

Pull up memang tidak mudah dilakukan pada awalnya, jadi lakukan latihan secara bertahap dari jumlah yang paling kecil. Setelah itu, tambahkan porsi latihan jika otot-otot Anda sudah semakin kuat melakukan pull up.
Cara membentuk otot punggung

Ketika Anda sudah terbiasa melakukan latihan pull up, variasikan dengan latihan chin up. Gerakan keduanya hampir sama. Perbedaannya adalah, pada latihan chin up, telapak tangan menghadap ke dalam. Latihan ini akan sedikit sulit dibandingkan pull up, namun kedua latihan ini akan membuat otot punggung bekerja maksimal.

Masih dari gerakan pull up, Anda juga bisa melakukan gerakan inverted row. Gerakan ini adalah versi pull up yang lebih mudah dilakukan sehingga bisa dilakukan sebagai latihan awal. Pada gerakan ini, posisi tubuh miring, hampir seperti posisi tidur. Tempelkan tumit ke lantai, kemudian angkat tubuh ke atas.
Cara melatih otot punggung

Latihan yang kedua adalah deadlifts. Gerakan ini bisa membantu otot-otot punggung Anda menjadi kuat serta terjaga kestabilitasannya. Anda bisa menggunakan beban seperti dumbel atau barbell, tetapi Anda juga bisa melakukannya tanpa mengangkat beban berat. Cara melakukan deadlifts tanpa mengangkat beban adalah dengan memulainya dari posisi berdiri. Lalu tekuk kaki hingga dalam posisi setengah berjongkok. Usahakan untuk tetap menahan tangan lurus ke bawah. Lakukan latihan ini beberapa kali, jika sudah terbiasa, tingkatkan jumlah deadlifts agar otot punggung makin kuat.

Bagaimana dengan deadlifts dengan mengangkat beban? Ambil barbell dengan kedua tangan kemudian biarkan tangan menggantung. Gerakan ini dimulai dengan menekuk pinggang lalu menurunkan barbell ke lantai. Ketika menariknya ke atas lagi, fokus akan berada di paha bagian atas dan bawah. Hal ini bertujuan membuat punggung tetap lurus dan tegak.
Cara membentuk otot sayap

Ada pula gerakan mengangkat dumbbell dengan satu tangan saja. Caranya dengan menempatkan lutut dan tangan kiri pada bangku datar sementara kaki kanan menapak pada lantai. Genggam dumbel di tangan kanan lalu angkat sampai setinggi tulang rusuk. Lakukan latihan ini secara bergantian, yakni mengangkat dumbel di tangan kanan lalu kiri agar otot-otot punggung makin terjaga kestabilitasannya.
Cara melatih otot sayap

Latihan selanjutnya adalah burpee dimana latihan ini seringkali digunakan bagi banyak orang untuk membakar lemak tubuh. Caranya adalah dengan memosisikan tubuh pada posisi berdiri tegak, setelah itu jongkok, lalu lempar kaki kebelakang, kembalilah ke posisi berjongkok, dan akhiri dengan melompat berdiri disertai gerakan tangan ke atas. Otot punggung akan bekerja dengan aktif selama latihan ini.
Latihan membentuk otot punggung

Latihan yang paling sering digunakan sebagai cara membesarkan otot punggung sayap v adalah push up. Lakukan gerakan push up yang bervariasi. Jika Anda sudah terbiasa melakukan push up seperti biasa, kali ini cobalah melakukan diver push up. Posisikan tubuh seperti posisi push up, tetapi dekatkan jarak tangan dan kaki sehingga tubuh berbentuk melengkung ke atas. Baru setelah itu turunkan kepala bersamaan dengan menurunkan pantat mendekati lantai. Latihan ini akan sangat bermanfaat bagi otot punggung Anda.
Tips cara membesarkan otot sayap punggung

Otot punggung juga bisa dilatih dengan cara melakukan gerakan yang simpel. Contohnya adalah gerakan yang biasanya dilakukan saat pemenasan sebelum senam. Luruskan lengan ke depan, kemudian lebarkan ke samping. Gerakan ini akan membuat otot punggung Anda kencang dan kuat.

Masih penasaran dengan cara membentuk otot punggung yang lain? Latihan half squat row bisa menjadi pilihan Anda untuk memperoleh punggung yang atletis. Bagi Anda yang mengikuti karate, pasti tidak asing dengan gerakan ini lantaran half squat row ini mirip dengan kuda-kuda dalam karate. Posisikan tubuh dalam posisi berdiri setengah berjongkok, yaitu dengan lutut tertekuk setengah. Kemudian majukan tangan dan mundurkan tangan. Lakukan latihan ini beberapa kali karena latihan ini akan membuat otot punggung tertekan.

Cara lain yang juga tak kalah mudah untuk membentuk otot belakang adalah dengan menyiapkan matras kemudian tengkuraplah diatasnya. Pastikan kedua tangan diluruskan melewati sisi-sisi kepala. Naikkan kedua kaki bersamaan, turunkan, lalu naikkan lagi. Latihan ini dapat mengencangkan otot punggung.

Itulah tips yang bisa Anda praktekkan sebagai cara dalam melatih dan membentuk otot punggung yang bersayap lebar. Lakukan terus secara rutin variasi latihan diatas untuk mendapatkan punggung yang atletis serta otot punggung yang kuat.