Cara Membentuk Otot Sayap Dengan Cepat & Mudah

Bagi para laki-laki, siapa hayo yang tidak mau mempunyai bentuk otot yang indah dengan adanya lekukan dibagian belakang sampai punggung yang menyerupai sayap sehingga biasa disebut sebagai otot sayap? Pasti mau dong ya. Dengan terbentuknya otot punggung yang bersayap, otomatis akan lebih menarik di mata para wanita bukan? Bentuk badan yang sudah kekar akan nampak makin macho jika disertai dengan adanya otot sayap yang tebal dan lebar.

Jangan kebanyakan mikir tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk membentuk otot sayap di gmy bersama trainer dan seabrek progam yang sulit. Kenyataannya, kalian para laki-laki bisa membentuk otot sayap dengan cara yang mudah, murah dan hanya di rumah. Kalau tidak percaya, lihat cara dibawah ini untuk membentuk otot sayap.

Siapkan alat dan tempat seperti di gym
Jika tak mau ke tempat gym, ada cara membentuk otot sayap di rumah tanpa alat fitness yang juga bisa dipraktekkan. Jadi tidak perlu mahal untuk membesarkan & melatih otot sayap. Kita cukup menyiapkan berbagai peralatan dan tempat sederhana di rumah. Apa saja? Kita bisa meyiapkan barbell buatan sendiri. Caranya :

  1. Sediakan kaleng atau ember bekas cat dan semen
  2. Cukup isi ember dengan semen sesuai berat yang kalian inginkan
  3. Jemur sampai mengeras
  4. Barbel siap digunakan

Ketika membuat barbell, jangan terlalu terobsesi dengan beban yang sangat berat. Buatlah dengan berat 2,5 – 5kg. Karena bagi pemula, jika mengangkat beban yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan kemampuan hanya akan menyebkan cidera. Bukan mempercepat pembentukan otot yang diinginkan. Setelah barbell siap, jadikan rumah kalian sarana untuk berlatih. Tidak perlu mengkhuskan ruangan hanya untuk melatih otot. Pergunakan tiap ruang dengan maksimal.

Jangan lupa melakukan pemanasan kecil
Setelah alat dan tempat siap, jangan lupa lakukan pemanasan kecil agar otot tidak kaget lalu terkilir ketika sedang melakukan latihan. Cukup dengan merenggangkan otot dengan gerakan memutar badan ke kiri dan ke kanan. Gerakan juga tangan agar otot-ototnya siap untuk dilatih. Dengan gerakan memutar dan menekuk lalu merentangkannya. Selanjutnya, lakukan metode di bawah ini.

Metode pertama
Cara membentuk otot sayap dengan cepat
Kalian dengan mudah bisa melakukan metode ini. Caranya, duduklah tegap disebuah kursi tanpa sandaran. Posisikan badan benar-benar tegap. Setelah itu ambil barbell yang mempunyai berat sama antara tangan kanan dan kiri. Misal, 5kg menjadi 2,5kg tangan kanan 2,5 tangan kiri. Dengan membawa barbell, rentangan tangan perlahan. Naik turunkan tangan kalian perlahan-lahan. Naikan tempo naik turun jika tangan kalian merasa sudah dapat menyesuaikan dengan beban. Lakukan sampai batas yang bisa kalian lakukan untuk mengangkat beban.

Cara pertama ini, selain dapat membentuk otot sayap juga berfungsi untuk membentuk otot bahu agar lebih berisi. Jadi, kalian akan dapat dua manfaat sekaligus dengan melakukan metode pertama ini. Lakukanlah latihan ini dengan konsisten. Agar lebih cepat membentuk otot sayap yang diinginkan.

Metode kedua
Untuk latihan otot sayap kedua ini caranya tidak jauh berbeda dengan metode pertama. Hanya saja yang membedakan adalah posisi saat melakukan metode ini. Jika pada metode pertama, kalian harus duduk tegap. Maka yang membedakan dimetode kedua ini adalah kalian harus berdiri tegak. Sama halnya dengan metode pertama, ambil barbell dan angkat perlahan dengan berat yang sama pada kedua tangan. Setalah itu, rentangkan tangan kedepan dengan posisi lurus. Lalu naik turunkan perlahan dan tambah tempo jika telah terbiasa.

Metode ketiga
Cara membentuk otot sayap dengan mudah
Latihan membentuk otot sayap di rumah satu ini jauh berbeda dengan kedua metode sebelumnya. Jika metode satu dan dua melibatkan penggunaan barbell sebagi sarana latihan, maka metode ketiga ini hanya mengandalkan kusen atas pintu rumah kalian. Metode ini biasanya dikenal dalam istilah fitness adalah pull up. Jangan membayangkan bahwa metode ini sesulit namanya ya. Yang perlu kalian lakukan hanyalah bergelantung pada kusen atas pintu yang ada di dalam rumah kalian. Tapi jangan asal bergelantung. Ikutilangkah pull up yang benar berikut.

  1. Raihlah kusen atas pintu kalian. Jika badan kalian cukup tinggi maka dengan melompat sedikit sudah berhasil meraih kusen atas pintu. Untuk yang tak terlalu tinggi, kalian bisa menggunakan pijakan terlebih dahulu sebelum meraih pegangan kusen atas pintu.
  2. Posisikan tangan dengan benar saat memegang kusen atas pintu. Telapak tangan menghadap kearah kalian.
  3. Cengkram dengan erat. Posisikan bahu lurus atau sejajar.
  4. Naik turunkan badan perlahan.
  5. Lakukan hinga batas yang kalian mampu.

Untuk pertama kali pasti berat saat melakukan metode ketiga atau pull up ini. Karena tangan harus mengangkat beban badan sendiri. Meski begitu, dengan latihan teratur maka tangan kalian akan lebih terlatih dan akan terbiasa. Hal ini akan mempercepat terbentuknya otot sayap dengan cepat.

Lakukan pendinginan setelah semua tahapan selesai
Ketika semua tahapan selesai, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Berikut cara untuk melakukan pendinginan yang sederhana setelah melakukan berbagai metode untuk membentuk otot sayap.

  1. Pasang posisi kuda-kuda lurus menghadap depan.
  2. Rentangkan kedua tangan.
  3. Lalu naik turunkan perlahan ke atas kebawah dan ke kiri lalu ke kanan.
  4. Gerkan menaik turunkan tangan ini, bisa dilakukan dari atas ke bawah lalu dari kiri ke kanan secara bergantian.

Itulah cara untuk membentuk otot sayap dengan cepat dan sederhana yang bisa kita lakukan dengan mudah dan murah di rumah. Bagaimana? Apa masih perlu alasan lagi untuk membesarkan otot sayap? Tentu tidak kan, setelah melihat cara-cara simpel di atas.