Cara Membentuk Otot Untuk Anak dan remaja

Melatih Otot Tubuh Sejak Remaja

Usia anak remaja adalah saat dimana tubuh sangat produktif. Saat-saat seperti itulah yang sangat cocok dimanfaatkan untuk membentuk tubuh yang ideal. Cara mendapatkan tubuh yang ideal tentunya bisa didapat dari olahraga secara rutin dan mengatur pola makan yang baik. Kedua cara itu tidak hanya memberi keuntungan berupa tubuh yang ideal, namun juga memberi keuntungan jangka panjang bagi kalian. Pasalnya, olahraga teratur serta pola makan yang baik bisa membuat tubuh makin sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Gaya hidup sehat adalah motivasi bagi setiap orang yang ingin membentuk otot tubuh, terutama bagi para remaja yang kini dihadapkan pada banyaknya makanan cepat saji. Dengan melakukan olahraga, lemak dalam tubuh bisa diminimalisir. Selain itu, otot juga akan makin terlatih dan makin kuat. Hal itu tentu membuat tubuh lebih kuat daripada tubuh yang tak pernah diajak berolahraga. Bagi para remaja yang masih sibuk sekolah, kuliah, dan mengerjakan tugas, olahraga juga bisa membantu menghilangkan stress yang menumpuk. Kalian bisa memulai olahraga dengan melakukan lari pagi di Hari Minggu. Bersepeda juga bisa jadi awalan berlatih. Udara segar akan membuat pikiran lebih fresh dan memberi kalian tenaga untuk menjalani aktifitas seharian.
Cara melatih membesarkan otot sickpack anak dan remaja

Jika sudah terbiasa berolahraga, meskipun hanya lari atau bersepeda, kalian bisa meneruskannya dengan latihan yang lebih berat. Cara membentuk otot untuk remaja ada bermacam-macam, dan semuanya bisa membantu perkembangan tubuh kalian. Push up adalah latihan yang sudah dikenal oleh remaja. Latihan ini bisa memperkuat otot lengan, bahu, dan dada, meskipun pada kenyataannya, latihan ini akan sangat berat dilakukan pada awalnya. Ketika mulai melakukan latihan untuk membentuk otot, sebaiknya lakukan secara bertahap. Jangan membuat target yang terlalu berlebihan di awal. Misal untuk push up, jika memang hanya kuat melakukannya sebanyak lima hingga tujuh kali, jangan memaksakan tubuh melakukan yang lebih. Otot justru akan terbebani dan bisa cedera karena beban yang terlalu berat. Baru setelah melakukan push up beberapa kali, otot akan makin terbiasa dan terlatih. Setelah itu, buat target untuk melakukan push up sebanyak 3 set dengan 8 hingga 10 repetisi.

Pull down juga latihan yang cocok bagi para remaja. Latihan ini dapat menambah massa otot punggung sehingga punggung bisa terbentuk sempurna. Punggung berotot membuat tubuh lebih tegap dan kuat. Penampilan itu akan menjadi nilai tambah, terutama bagi cowok. Pull down bisa dilakukan di pusat kebugaran dengan memanfaatkan stang. Duduklah dalam posisi punggung tegak. Genggam stang dengan kuat sementara kedua kaki menapak di lantai. Posisi lengan sedikit tertekuk ke bawah, kemudian tarik stang ke bawah. Lakukan latihan ini dalam set 10-12 repetisi.

Latihan angkat beban lain yang bisa membentuk otot punggung adalah deadlift. Ketika melakukan angkat beban, kalian harus memperhatikan berat bebannya. Hindari langsung berlatih menggunakan beban yang berat. Dalam beberapa kasus, para remaja yang pergi ke pusat kebugaran bersama teman-temannya sering saling pamer kekuatan. Tak jarang pula yang bertaruh siapa yang paling kuat dengan cara mengangkat beban yang paling berat. Tentu saja hal itu sangat tidak disarankan, terutama jika kalian masih belum terbiasa angkat beban. Mulailah latihan dengan barbell terlebih dahulu agar otot lengan terbiasa. Baru tambahkan berat beban yang diangkat ketika otot lengan makin kuat. Dengan begitu, otot tidak shock. Otot yang digunakan untuk mengangkat beban yang beratnya bervariasi atau tidak tentu justru akan kesulitan menyesuaikan diri. Kalian justru akan mendapat capek saja, sedangkan otot tak akan terbentuk. Jadi, urutkan berat beban mulai dari yang paling ringan, selanjutnya bertahap hingga yang paling berat.

Agar latihan makin efektif, kalian bisa menggunakan jasa pelatih pribadi atau personal trainer. Biasanya, pusat kebugaran memfasilitasi anggotanya dengan seorang pelatih pribadi. Dengan bantuan pelatih pribadi, kalian bisa mendapatkan latihan-latihan mana yang harus didahulukan, atau berat beban yang mana yang cocok dengan kondisi tubuh kalian. Teknik yang tepat juga akan kalian dapatkan dari pelatih pribadi. Dengan begitu, kalian akan berpeluang mencapai hasil yang diinginkan, yakni tubuh ideal yang atletis dan kuat.

Olahraga tidaklah cukup jika kalian ingin menambah massa otot dan mendapatkan tubuh yang ideal. Menjaga pola makan yang baik juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Pasalnya, otot membutuhkan protein untuk bisa bertumbuh. Jika tubuh kekurangan protein, meskipun kalian olahraga secara rutin, otot tetap tidak bisa bertumbuh dengan baik. Bahkan, olahraga yang tidak diimbangi dengan pola makan yang baik bisa membuat otot cedera atau nyeri. Kalian tak perlu repot melakukan diet berlebihan yang menguras biaya. Pola makan yang dimaksud disini adalah mengurangi makanan berlemak seperti gorengan serta masakan cepat saji. Untuk memperlancar pertumbuhan otot, makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah putih telur, dada ayam, kacang-kacangan, susu, jeruk, stroberi, dan apel. Pastikan untuk memasukkan setidaknya salah satu dari makanan di atas ke dalam menu makan sehari-hari. Semakin banyak asupan protein dalam tubuh, semakin cepat pula perkembangan massa otot.

Bukan hanya olahraga serta pola makan saja yang wajib diperhatikan jika ingin mendapat tubuh yang berotot, tetapi juga jam tidur. Masalah utama yang seringkali dijumpai remaja adalah banyaknya tugas sekolah atau tugas kuliah sehingga harus begadang. Nah, hentikan kebiasaan tersebut sekarang. Jangan menunggu malam untuk mengerjakan tugas agar tidak tidur terlalu malam, atau bahkan dini hari. Tidur terlambat bisa menghambat pertumbuhan otot karena otot tumbuh ketika seseorang sedang tidur. Jadi, tidurlah di jam 9 atau 10 agar bisa mendapatkan tidur berkualitas 7 hingga 8 jam per hari.