Cara Menguatkan dan Mengeraskan Otot Badan Yang Lembek

By | April 6, 2017

Cara Mengeringkan Otot Yang Lembek

Meningkatkan massa otot tidak hanya memberikan keuntungan berupa tubuh yang ideal dan bagus saja. Otot yang terbentuk dengan baik juga membuat tubuh lebih kuat. Pembentukan otot akan lebih baik jika dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta melakukan olahraga secara rutin. Kedua cara tersebut lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan lantaran bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Ketika melakukan olahraga untuk menambah massa otot, wajib diketahui bahwa otot juga memerlukan istirahat. Olahraga cukup dilakukan dua sampai tiga kali seminggu. Hindari terlalu memforsir tubuh agar otot tidak kejang atau stress. Terkadang, otot badan yang sudah terbentuk terasa lembek dan basah. Nah, bagaiman cara mengeringkan otot agar cepat keras sehingga terlihat kuat dan tidak lembek?
Cara mengeraskan dan mengeringkan otot

Setiap orang pasti ingin mendapatkan otot tubuh yang keras dan juga sehat. Cara membuat otot menjadi keras adalah melalui pola makan dan olahraga yang baik. Ketika Anda mengajak tubuh melakukan olahraga, patut diperhatikan bahwa hal itu tidak berarti Anda harus menghindari makanan. Banyaknya anggapan ‘percuma berolahraga namun makan tetap banyak’ membuat banyak orang justru melakukan diet yang berlebihan. Padahal, otot dapat terbentuk jika protein dalam tubuh mencukupi.

Diet yang baik bagi seseorang yang ingin mendapatkan otot keras dan kering adalah dengan mengurangi makanan berlemak. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, terutama di malam hari. Sebaliknya, konsumsi makanan rendah kalori, rendah garam, namun tinggi proteinnya. Makanan yang mengandung garam juga tidak baik untuk proses pembentukan otot. Anda bisa mengganti garam biasa dengan garam diet jika menghendaki makanan asin.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung protein, kita bisa mengkonsumsi telur, tahu, tiram, jamur, kacang-kacangan atau kedelai. Telur adalah salah satu makanan wajib bagi atlet-atlet binaraga. Pasalnya, satu butir telur memiliki enam gram protein. Protein yang ada dalam telur juga sangat cepat diserap oleh tubuh. Jadi, mengkonsumsi satu butir telur akan sangat baik bagi Anda yang hobi fitness atau angkat beban. Jika sudah mengkonsumsi makanan tinggi protein, usahakan pula untuk tidak lupa mengkonsumsi minuman yang juga berprotein, yaitu susu. Susu adalah minuman yang sangat mudah disiapkan, jadi pastikan Anda selalu mengkonsumsi susu agar otot makin keras dan sehat.

Berbicara mengenai otot tubuh pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya olahraga. Berbagai latihan yang dikhususkan untuk membentuk salah satu bagian tubuh bisa kita lakukan. Latihan-latihan ini memang diperlukan karena dapat membantu memangkas lemak tubuh sehingga membuat otot makin keras dan tubuh tidak lagi terlihat lembek. Jika Anda melakukan latihan menggunakan alat bantu berupa beban, Anda harus memahami triknya terlebih dahulu. Berlatih menggunakan beban harus dilakukan secara bertahap. Hindari menggunakan beban yang sama dalam jangka waktu lama. Apalagi jika Anda menggunakan beban berubah-ubah, kecil-besar lalu kembali lagi ke kecil. Hal itu justru membuat otot sulit keras, bahkan otot akan lebih sulit terbentuk.
Cara membuat otot kering dengan cepat

Untuk mendapatkan otot yang kering, kita sebaiknya memilih tipe latihan isolasi. Latihan isolasi hanya berfokus pada bagian otot tertentu. Cara ini bisa membuat otot pada bagian tersebut lebih keras. Setelah itu, baru beralih ke bagian yang lain. Latihan semacam ini harus diperhatikan repetisinya. Lakukan latihan dalam repetisi 14 hingga 16 kali. Jika ingin menambahkan porsi latihan, cukup beberapa repetisi diatas yang direkomendasikan diatas.

Kardio juga bisa menjadi pilihan latihan Anda. Pasalnya, kardio adalah latihan yang akan membakar lemak tubuh dengan efektif. Lari atau treadmill adalah beberapa contoh kardio yang bisa Anda lakukan tanpa harus ke gym. Durasi latihan yang baik dalam melakukan kardio adalah 45 hingga 50 menit. Anda bisa jogging, renang, atau bersepeda sebagai pengganti treadmill. Latihan ini bisa dilakukan 4 kali dalam seminggu.

Agar otot bisa terbentuk dengan keras dan sempurna, ada baiknya latihan yang dilakukan tidak terlalu bervariasi. Latihan yang sering berubah-ubah, seperti berpindah-pindah fokus bagiannya, justru membuat otot kesulitan menyesuaikan. Latihan yang sama dilakukan berulang secara rutin akan lebih baik karena otot terlatih dengan baik.

Cara membuat otot menjadi keras yang terakhir adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh. Pembentukan otot terjadi ketika tubuh beristirahat. Oleh karena itu, luangkan waktu delapan jam per hari untuk beristirahat.

Demikian uraian mengenai cara mengeraskan otot tubuh yang lembek agar menjadi lebih kuat. Membuat otot tubuh menjadi kering adalah tips untuk mendapatkan otot yang benar2 keras sehingga terlihat lebih gagah dan macho.