Tips Latihan Cara Membentuk Otot Dada Dengan Cepat

Cara Melatih Otot Dada

Dada bidang tentunya menjadi idaman para pria. Otot dada yang terbentuk dengan sempurna menimbulkan kesan tubuh indah dan seksi. Bahkan, bagian dada menjadi salah satu bagian yang paling sering dilatih oleh pria ketika melakukan fitness. Tetapi, jangan pesimis dulu. Memperbesar otot dada juga bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi atau join gym. Syaratnya hanya melakukan latihan demi latihan dengan rutin dan teratur.

Tak hanya mengkitalkan latihan saja, pola makan serta istirahat juga harus diperhatikan. Mengkonsumsi makanan yang bisa membantu pertumbuhan massa otot sangat direkomendasikan. Makanan maupun minuman yang mengandung protein dan kalori tinggi harus selalu ada dalam menu makan sehari-hari. Kalori pada makanan adalah bahan bakar bagi tubuh ketika melakukan olahraga, jadi menghindari makanan justru salah kaprah. Untuk masalah pembentukan otot, protein yang ada dalam makanan seperti telur dan tahu, dan minuman seperti susu sangat dibutuhkan.
Latihan otot dada

Ada banyak tips sebagai cara membentuk otot dada yang bisa kita lakukan di rumah, tanpa mengeluarkan banyak biaya. Latihan paling umum yang sudah dikenal sebagai pembentuk otot dada adalah push up. Bagi yang baru melakukan push up, latihan otot dada ini akan sangat sulit karena membutuhkan tenaga besar. Tetapi, jika Kita menekuni latihan ini, lama kelamaan akan makin enteng dan Kita bisa melakukan push up hingga puluhan repetisi.

Cara Membentuk Otot Dada

Selain push up, rotation push up juga sangat bagus untuk membesarkan otot dada. Latihan ini hampir sama dengan push up, tetapi ketika mengangkat tubuh, tahan selama tiga detik dengan berat tubuh ditumpu kedua tangan yang tegak lurus. Setelah tiga detik, hadapkan tubuh ke kanan serta angkat tangan kanan ke atas. Tubuh akan bertumpu pada tangan dan kaki kiri saja. Tahan selama tiga detik, lalu kembali ke posisi awalan. Gunakan posisi yang berbeda, setelah menghadap ke kanan, menghadaplah ke kiri. Latihan ini akan meningkatkan keseimbangan tubuh. Lakukan dalam 3 set dengan 10 hingga 12 repetisi.
Cara melatih otot dada

Variasi push up lainnya adalah plyometric push up. Latihan ini akan membuat otot dada dan otot tricep sama-sama makin kuat. Sama dengan posisi awalan push up, pastikan kedua tangan menahan tubuh dengan kuat. Lalu, dorong tubuh ke atas sambil mengangkat kedua tangan dari lantai. Ulangi latihan ini sebanyak 3 set 8 hingga 10 repetisi.
Cara membentuk otot dada

Biasanya, ketika sedang melakukan proses pembentukan otot dada, beberapa latihannya juga memberikan keuntungan lain berupa terbentuknya otot bagian punggung. Salah satu latihan tersebut adalah pull up. Latihan ini dilakukan dengan bantuan palang. Genggam palang dalam jarak selebar bahu. Pastikan tubuh menggantung lurus, kemudian naikkan tubuh hingga palang sejajar dengan dada. Tahan sebentar sebelum kembali ke posisi awal. Pull up bisa dilakukan dalam 3 set dengan 8 hingga 10 repetisi.
Cara membentuk otot dada dengan cepat

Ketika melakukan olahraga, kita harus memastikan tubuh dalam kondisi fit agar olahraga tidak berdampak buruk bagi tubuh. Melakukan berbagai latihan yang menguras energi harus diimbangi dengan makanan yang sehat pula. Hindari melakukan diet yang terlalu berlebihan, seperti tidak makan nasi sama sekali atau hanya makan sayur-sayuran saja. Tubuh memerlukan protein agar otot makin besar dan kuat. Untuk pembentukan otot dada, tubuh memerlukan 1 hingga 1,5 gram per kg berat badan setiap harinya. Oleh karena itu, pastikan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, yakni telur, tahu, dada ayam, kacang-kacangan, ikan, dan sayuran.

Beberapa makanan memang sebaiknya tidak dikonsumsi selama tubuh melakukan olahraga untuk memperbesar massa otot. Makanan-makanan yang dimaksud adalah makanan yang mengandung banyak lemak dan kalori berlebihan. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan demikian justru bisa menambah berat badan karena lemak akan tertimbun. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak gorengan, makanan cepat saji, dan makanan ringan. Namun, bukan berarti Kita benar-benar harus menghindari semua makanan tersebut. kita boleh mengkonsumsinya, hanya saja dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Cara mengakalinya adalah dengan menyediakan satu hari yang biasanya disebut cheat day. Kita bisa menggunakan hari tersebut untuk menikmati makanan ringan atau makanan cepat saji yang Kita inginkan. Namun, tetap ingat untuk tidak mengkonsumsinya dalam porsi besar atau tidak mengkonsumsinya tiga kali dalam sehari. Untuk masalah gorengan, Kita bisa menggoreng sendiri di rumah. Selain minyak yang lebih bersih, Kita juga bisa mengira-ngira porsinya dan tidak ‘kalap’ saat menikmati gorengan.

Penunjang lain yang bisa membantu adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Sebelum menentukan suplemen mana yang akan digunakan, lakukan riset kecil-kecilan mengenai suplemen tersebut. Pastikan produk tersebut memiliki ijin BPOM RI sehingga keamanannya bisa terjamin. Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah memiliki waktu istirahat yang cukup. Otot dalam tubuh terbentuk ketika sedang beristirahat. Jadi, usahakan untuk istirahat selama tujuh hingga delapan jam per hari. Selain membuat tubuh segar, istirahat cukup ditambah dengan olahraga rutin akan menjauhkan pikiran dari stres.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kita jalankan sebagai cara untuk melatih dan membentuk otot dada secara cepat. Lakukan latihan dengan berkesinambungan dan kontinyu untuk mendapatkan dada berotot besar yang atletis dan macho.